Laboratorium Ilmu Politik Unsulbar Laksanakan Survey Persepsi Mahasiswa Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Pendidikan di Unsulbar

288
Mahasiswa melakukan pengumpulan data

Laboratorium Ilmu Politik Universitas Sulawesi Barat melaksanakan survey terkait persepsi mahasiswa terhadap penyelenggaraan pelayanan pendidikan di Unsulbar. Survey ini merupakan bagian dari bentuk pembelajaran/praktek lapangan yang diintegrasikan dalam mata kuliah Metode Penelitian Kuantitatif.

Mahasiswa tidak hanya mendapatkan teori terkait pelaksanaan penelitian kuantitatif, tetapi mahasiswa langsung diberikan bentuk penerapan pelaksanaan penelitian. Aco Nata Saputra selaku Koordinator Humas dan Jaringan Laboratorium Ilmu Politik menjelaskan “Praktek lapang ini merupakan bagian integral dari proses pembelajaran dan dapat dimanfaatkan untuk membangun kompetensi yang utuh baik aspek kognitif, afektif dan psikomotorik dalam diri mahasiswa, walaupun penekanannya difokuskan pada ranah psikomotorik. Melalui pelaksanaan praktek lapang ini dapat pula ditumbuhkan pengalaman langsung bagaimana pelaksanaan penelitian secara nyata sehingga pada saat mahasiswa melakukan penelitian baik itu untuk kepentingan penulisan karya ilmiah ataupun untuk kegiatan-kegiatan serupa maka mahasiswa tidak lagi merasa canggung”

Muh. Tanzil selaku dosen pengampuh mata kuliah menjelaskan bahwa “pelaksanaan survey ini sudah direncanakan sejak awal perkuliahan, mahasiswa telah diberikan materi-materi terkait dengan penelitian kuantitatif. adapun pelaksanaan pengumpulan datanya survey ini dimulai sejak senin 24 Februari dan direncanakan sampai tanggal 28 Februari dengan melibatkan mahasiswa sebanyak 75 orang dari angkatan 2018 Ilmu Politik dari Kelas A, B dan C.

Dalam proses praktek lapang ini mahasiswa akan melakukan analisis terhadap persepsi mahasiswa terhadap kinerja pelayanan pendidikan dalam lingup Universitas Sulawesi Barat, di harapkan selanjutnya mahasiswa akan coba memberikan data-data faktual sebagai bahan rekomendasi dan solusi terhadap permasalahan yang di temukan khususnya terkait pengembangan Unsulbar kedepannya.

Metode Survey yang dilakukan dengan mengambil sampel sebanyak 525 orang mahasiswa, adapun penetuan sampel dilakukan dengan metode multi stage random sampling yang tersebar secara proporsional ke semua program studi yang ada di Unsulbar. Adapun margin error survey sebesar 5% dengan tingkat kepercayaan 95%

Rencananya hasil survey ini akan dipublikasikan/press release awal Maret dan akan terbuka untuk umum. mtar