Pelaksanaan Rapat Kerja FISIP Unsulbar Tahun 2021 Fokus pada Akreditasi dan Pengembangan Prodi Baru

63

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sukses menyelenggarakan rapat kerja untuk tahun 2021. Rapat kerja yang seyogyanya dilaksanakan di awal tahun 2021, terpaksa harus dilaksanakan pada tanggal 28-29 Juni 2021 bertempat di Aula Villa bogor. Akan tetapi pengunduran waktu pelaksanaan ini tidak mengurangi substansi dan output yang hendak diperoleh.

Dr. Abdul Hafid selaku ketua pantia mengatakan rencana awal pelaksanaan raker ini seharusnya dilaksanakan pada awal tahun 2021, akan tetapi menghadapi banyak kendala mulai dari pandemi covid-19 dan juga menunggu cairnya anggaran pelaksanaan dari pihak keuangan Unsulbar. “Walaupun jauh molor dari waktu awal yang telah ditetapkan, akan tetapi panitia pelaksana mampu mentaktisi teknis dan agenda acara sehingga substansi pelaksanaan raker tetap maksimal. Semoga pelaksanaan raker tahun depan jauh lebih baik” ungkap dosen Hubungan Internasional itu.

Pelaksanaan raker tahun ini diawali dengan pandangan umum dan pemaparan arah pengembangan FISIP Unsulbar oleh Dekan, Dr. H. Burhanuddin, M.Si. Dekan menguraikan bahwa rencana pengembangan Program Tiga Studi baru yakni program studi Administrasi Publik, Ilmu Pemerintahan dan Strategi Ketahanan Nasional. berkaitan hal tersebut, dalam waktu dekat akan mulai menerbitkan SK Tim percepatan pembukaan Program Studi baru untuk menyiapkan semua dokumen pengusulannya. “Sumber Daya Manusia khususnya dosen untuk pembukaan 3 program studi baru sudah siap, semoga dalam waktu yang tidak lama lagi kita semua berharap akan dibuka program studi sehingga ruang lingkup kajian di lingkup FISIP lebih luas dan tentunya meningkatkan kualitas fakultas dan universitas” ungkap Dr. H. Burhanuddin, M.Si. atau yang biasa disapa pakde oleh sesama civitas akademika lingkup FISIP itu.

Dalam kegiatan raker ini juga dipaparkan rancangan program kerja dari unit bidang akademik, keuangan dan kemahasiswaan serta dari masing-masing program studi yakni Ilmu Politik, Ilmu Hukum dan juga Hubungan Internasional. Rancangan program kerja tersebut kemudian dibahas bersama dan ditetapkan menjadi program kerja fakultas

Selain membahas dan menetapkan program kerja, dalam raker ini juga dibahas beberapa point penting seperti kesepahaman terkait substansi dan batasan seminar proposal, seminar hasil dan juga ujian skripsi. Dalam raker ini juga difokuskan dalam upaya mempersiapkan akreditasi dua program studi yakni Ilmu Hukum dan juga Hubungan Internasional.

Berikut hasil kesepakatan yang diperoleh dalam pembahasan raker tahun ini:

  1. Hal-hal yang berhubungan dengan anggaran dan program kerja turunan menunggu petunjuk dari pihak keuangan universitas
  2. Fokus persiapan dalam menghadapi proses akreditasi Prodi Ilmu Hukum dan juga Hubungan Internasional
  3. Pelaksanaan PKKMB tingkat fakultas agar lebih terencana dengan menunjuk saudara Aco Nata Saputra, S.IP., M.Si sebagai ketua panitia.
  4. Akan dilakukan perbaikan kurikulum menyesuaikan program Kampus Merdeka, oleh karena itu dalam waktu dekat akan dilaksanakan Lokakarya Kurikulum.

mtar