Profil Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Sejarah Unsulbar

Cita-cita pendirian Universitas Sulawesi Barat merupakan pre determinan dan satu paket dengan perjuangan pembentukan Provinsi Sulawesi Barat, setelah provinsi Sulawesi Barat terbentuk pada 22 September 2004, Tim Persiapan Pendirian Universitas Sulawesi Barat lalu fokus pada perjuangan untuk mendapatkan izin operasional Universitas Sulawesi Barat.

Universitas Sulawesi Barat memperoleh izin operasional melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 229/D/0/2007 tanggal 31 November 2007 yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Indonesia Sulawesi Barat di bawah koordinasi Kopertis Wilayah IX Sulawesi. Tanggal 13 Mei 2013 Universitas Sulawesi Barat berubah status dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor: 36 Tahun 2013 tentang Pendiiran Sulawesi Barat. Dengan adanya Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor: 36 Tahun 2013 tentang Pendiiran Sulawesi Barat berarti bahwa Yayasan Pendidikan Indonesia Sulawesi Barat telah mengalihkan pengelolaan dan aset Universitas Sulawesi Barat kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Setelah menjadi PTN maka pada tanggal 19 Desember 2013 Dr. Ir. Akhsan, MS. dilantik menjadi Rektor Universitas Sulawesi Barat dengan Surat Keputusan No. 04/MPK.A4/KP/2013 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta.

SK Pendirian Fakultas : 229/D/O/2007 dan 30 November 2007
Pejabat yang Menerbitkan SK : a.n. Menteri Pendidikan Nasional Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Satryo Soemantri Brodjonegoro

No. Telepon : 0411-22559
No. Faksimili : 0411-22559

Visi FISIP

“Menjadi fakultas unggul yang menghasilkan sumberdaya lulusan yang profesional dalam bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang dapat menyesuaikan diri terhadap perubahan dan perkembangan sosial politik dalam lingkup nasional dan global”

Misi FISIP

  1. Mengembangkan kemampuan konseptual, metodologi, metodologi dan teoritik dalam bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik melalui kegiatan pembelajaran yang mengintegrasikaan penguasaan teknologi dan disiplin ilmu pengetahuan lainnya.
  2. Mengkaji dan mengembangkan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang berwawasan ke-Indonesiaan dan global melalui kegiatan-kegiatan penelitian ilmiah.
  3. Mengembangkan kemampuan praktis dan professional dalam bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik melalui kegiatan penyelenggaraan kegiatan penelitian dan pengapdian pada masyarakat.

Tujuan FISIP

Tujuan Umum:
Menghasilkan lulusan yang berwawasan ke-Indonesiaan dan global yang didukun oleh kurikulum yang relevan dan sumberdaya manusia yang berkualitas utuk memenuhi kebutuhan dunia kerja, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Tujuan Khusus:
Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan lulusan menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan lulusan.

  1. Memiliki pengetahuan konseptual teoritik dalam memahami fenomena-fenomena social politik dan mengembankan kemampuan menggunakan konsep, metode dan teori dalam menganalisis fenomena sosial politik yang sangat dinamis.
  2. Memiliki pengetahuan metodologi dalam melakukan penelitian-penelitian, baik mandiri maupun berkelompok, berdasarkan metode-metode penelitian mutakhir.
  3. Memiliki kemampuan professional dalam dunia pengabdian, menciptakan pemikiran yang adaftif dan inovatif, dan terampil dalam memecahkan masalah-masalah sosial politik.

Sasaran FISIP

Strategi FISIP

Sosialisasi

  • Meeting
  • Brosur
  • Banner
  • Plakat