Program Studi Ilmu Politik

Program Studi Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Univesitas Sulawesi Barat didirikan pada tanggal 30 November 2007 melalui  SK pendirian Program Studi Nomor: 229/D/O/2007 yang ditandatangani oleh A.n. Menteri Pendidikan Nasional Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Bapak Satryo Soemantri Brodjonegoro.

Visi

Rumusan Visi Program Studi Ilmu Politik
“Menjadi Program Studi yang handal menghasilkan sumber daya lulusan yang profesional, dan kompeten di bidang ilmu politik yang berbasis budaya dalam lingkup nasional dan global pada tahun 2025.”

Misi

Usaha untuk mengaktualisasikan visi Program Studi Ilmu Politik tersebut, maka dirumuskan misi sebagai berikut:

  1. Mengembangkan pendidikan Ilmu Politik secara konseptual, teoritik, dan metodologis.
  2. Mengembangkan dan mengkaji Ilmu Politik yang berwawasan budaya sesuai dengan tantangan zaman melalui kegiatan-kegiatan penelitian. 
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat yang sesuai dengan kajian disiplin Ilmu Politik dalam rangka penerapan kemampuan praktis dan profesionalitas.

Tujuan

Berdasarkan Visi dan Misi Program Studi Ilmu Politik, maka Program Studi mengembangkan tujuan yaitu,

  1. Mewujudkan sumber daya lulusan yang kompeten dan profesional dalam bidang Ilmu Politik berstandar nasional dan global.
  2. Mewujudkan pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan  penelitian  dan publikasi karya ilmiah dalam lingkup nasional dan global berdasarkan metode penelitian  mutakhir.
  3. Mewujudkan kemampuan dalam pengabdian kepada masyarakat yang berkaitan dengan masalah sosial dan politik.

Sasaran

Berdasarkan Visi, Misi dan Tujuan Program Studi, maka sasaran pelaksanaan Program Studi Ilmu Politik adalah:

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang inovatif dalam memecahkan masalah-masalah sosial politik sehingga terwujud semangat entrepreneur dan lulusan yang mampu bersaing di dunia kerja.       
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan pengetahuan dan dapat mengaktualisasikan ilmu politik baik secara konseptual teoritik dan metodologi dalam menyelesaikan setiap permasalahan, termasuk dalam kemampuan adaptif mengikuti perkembangan zaman.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan mengembangkan kreatifitas dan potensi diri, dalam memecahkan masalah dengan memberikan sumbangsih gagasan kepada masyarakat dalam konteks bernegara.
  4. Menghasilkan lulusan yang mempunyai insting untuk melakukan  inovasi-inovasi dalam pengembangan khazanah keilmuan disiplin ilmu politik secara berkesinambungan. Sehingga lulusan mampu mengembangkan ilmu-ilmu politik yang kontekstual kontemporer. Nilai ini diperuntukkan untuk mengimplementasikan kegiatan  penelitian dan pengembangan kajian ilmu politik.
  5. Menghasilkan lulusan yang mampu menerapkan nilai etika dan moralitas yang baik, yaitu menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan dimensi keunggulan manusia, berupa kejujuran, keadilan, kebenaran, dan keikhlasan.